Wednesday, December 15, 2010

Tip Hemat Bangun Rumah (1)


Banyak cara yang bisa ditempuh untuk berhemat saat bangun rumah, diantaranya adalah :

1. Rencanakan dengan matang desain "istana" anda. Desain harus meliputi aspek bentuk/keindahan, fungsi, kenyamanan saat rumah itu anda tempati dan yang tidak kalah penting adalah perkiraan biaya pembangunan rumah . Tujuan pembuatan design dengan matang untuk meminimalisir kesalahan supaya pada saat pembangunan tidak ada perubahan-perubahan sehingga setelah rumah jadi biayanya tidak melebihi budget yang telah anda anggarkan sebelumnya. Desain rumah bisa anda kerjakan sendiri kalau anda memang punya kemampuan dalam hal itu, bisa juga dengan menyerahkan pada tim profesional / arsitek


2. Kalau anda membangun rumah sendiri dan langsung berhubungan dengan tukang anda harus melakukan pengawasan secara berkala untuk memastikan pekerjaan tukang selalu sesuai dengan perencanaan. Selain itu anda juga harus memastikan material selalu sampai ke lokasi tepat waktu supaya tukang anda tidak menganggur. Dua hal tersebut yang sering kurang diperhatikan sehingga tanpa disadari anda membayar upah tukang lebih mahal dari yang semestinya. Carilah tukang yang berpengalaman & rapi hasil kerjanya (berdasarkan survey anda, bukan pernyataan tukangnya :D )

3. Kalau anda membangun rumah sendiri rajin²lah berkeliling ke toko² bahan bangunan untuk membandingkan harga. Jangan sepelekan perbedaan harga walau cuma Rp 2000 atau Rp 5000! Kalau selama membangun rumah anda belanja puluhan kali jangan kaget kalau anda hitung dengan teliti cukup besar penghematan yang bisa anda dapatkan. Kadang pula ada toko yang mengadakan promo/diskon untuk barang tertentu. Jangan sungkan atau malu untuk memanfaatkan barang diskon. Tidak selamanya barang yang didiskon tersebut memiliki kualitas yang jelek/cacat atautidak sesuai dengan yang kita butuhkan. Jangan lewatkan pula kalau dikota anda ada pameran bahan bangunan, sering toko bahan bangunan memberikan harga khusus selama pameran.

4 comments:

  1. Bisa via email pak, ke cozihom@gmail.com
    Atau mau langsung telp juga bisa ke :
    Anto - 022-70534354 / 081910355434

    ReplyDelete
  2. asik ..kapan ya saya pesan gambar nya aja dulu

    ReplyDelete
  3. @Rumah Tape : boleh...ditunggu orderannya :)

    ReplyDelete